• HUMOR
  • Sabtu, 27 April 2013

    Kenapa Bintang Berkelap-Kelip?

    Apa yang terpikir oleh kamu ketika memandang jutaan bintang di langit malam? Masing-masing orang tentu mempunyai pikiran sendiri. Ada orang yang tak habis-habisnya mengagumi bintang-bintang, dan ada pula yang segudang pertanyaan. Salah satu pertanyaan itu mungkin, kenapa bintang-bintang berkelap-kelip?
    Udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Tapi atmosfer bumi tidak stabil. Di satu bagian terdapat banyak udara, sementara di bagian lain sedikit. Udara bergerak tanpa henti karena perbedaan suhu dan tekanan. Bintang tampak kelap-kelip karena ada gerakan yang disebabkan oleh jumlah udara yang berubah dari waktu ke waktu.

    Saat bergerak melewati tempat yang banyak udaranya dan tempat yang sedikit udaranya, derajat perbelokan cahaya jadi berbeda. Kalau hal ini terjadi berulang-ulang, maka yang terjadi pada bintang akan tampak berkelap-kelip. Cahaya bintang akan tampak lebih berkelap-kelip di dekat garis horizon. Ini karena semakin dekat dengan garis horizon, bintang harus melewati banyak lapisan udara. Selain itu, bintang juga tampak lebih berkelap-kelip di tempat yang udaranya tidak stabil.

    baca lebih lanjut disini

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Me On FacebookPranata Thanderiz | Sponsor by kratingdeng - Premium Blogger Themes | Online Project management