BAB I
PENDAHULUAN
A . RASIOANAL
Di
dalam materi Listrik Dinamis salah satu pembelajaran yng bisa di lakukan kami
sebagai siswa adalah dengn mengamati kejadian alam yang berkaitan dengan
listrik,namun sayangnya proses belajar seperti ini sangat sulit kami lakuakan
dan juga memerlukan wktu dan biaya yng tidak sedikit dan untuk menanggulangi
hal itu kami mengupayakan membuat sebua alat peraga yang secara tidak langsung
sudah menympikan materi dan konsep hukum yang berkaitan yaitu hukum Ohm
B. Dasar
Dasar dari pembuatan alat
peraga Alat Uji penerangn dalam rangkaian seri adalah belum tersedianya alat
peraga untuk memper mudah pemahaman kami sebagi siswa tentang Hukum Ohm. Alat dan
bahan yang digunakan untuk membuat alat tersebut sangat mudah didapat. Untuk
merakit alat ini tidak diperlukan pengetahuan khusus dan sangat mungkin untuk
dilakukan oleh kami sebagi siswa. Resiko bahaya dalam proses pembuatan sangat
kecil dan dapat dipantau pada bagian mana akan menimbulkan bahaya.
C. TUJUAN
Tujuan dari pembuatan alat peraga ini
adalah
1. Tujuan Umum
Dapat mempermudah memahami materi
listrik pada konsep Hukum Ohm
2. Tujuan Khusus
Dapat merakit dan menggunakan alat
peraga tersebut sebagai sarana pembelajaran.
D. Manfaat
Manfaat
dari pembuatan alat peraga Alat ini adalah sebagai berikut.
- Kami memiliki alat bantu berupa alat peraga dalam memahami materi listrik pada konsep HukumOhm.
2.
Sesuai dengan program study yaitu fisika,alat
peraga ini akan membantu dalam pelaksanaan program selanjutnya terlebih jika
kami melanjutkannya dibidang listrik ini
- Dapat dijadikan penuntun didalam menjelaskan tentang hukum Ohm
4.
Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan
pemikiran pada suatu alat yang memiliki nilai ilmu terutama dalam pelajaran
fisika.
E.
RUANG LINGKUP
Rung lingkup alat uji penerangn dalam rangkaian
seri terbatas dengn materi rangkaian listrik yaitu pada konsep hokum Ohm.Alat
ini hanya di gunakan untuk mengetahui nyala lampu bila jumlah betray ditambah
maupun di kurang dan variable-variabel yang termasuk dalam alat uji ini seperti
daya batrai dan beberapa gangguan dari hambatan
tidak di bahas dalam pengguanaan alat peraga ini.
BAB II
PERANCANGAN PERALATAN
A.Fungsi dan Prinsip Kerja Alat
Alat ini berfungsi sebagai
alat peraktek yang dapat digunakan untuk menganalisis nyala lampu di dalam
rangkaian seri dengan daya batrai yang berbeda
Prinsip kerja alat ini berdasarkn pada besar kecilnya
arus yng mengalir pada rangkaian dan adanya beda potensial dan hubungan antara
kauat arus ( I ) dengan beda potensial (v) di gambarkan pada diagram V-I
Pada diagram
tersebut menandung hukum Ohm yaitu kuat arus yang timpul p[ada rangkaian
berbanding lurus dengan beda potensial/tegangan kedua ujung penghantar tersebut
yang secara matematis dirumuskan sebagai
Selain itu juga hambatan yng di maksud pada rangkaian ini
adalah kedua lampu yng membentuk rangkaian seri yang bila di alirkan arus
listrik dari beda potensial yang berbeda(jenis batrai berbeda) akan menyebabkan
keadaan lampu yang berbeda.Alat uji nyala lampu dari rangkaian seri ini dapat
di buat dengan bahan yang sederhana yang dapat di beli di toko-toko maupun
tempat lainnya.
BAB
III
PEMBUATAN
PERALATAN
A.PERKAKAS
1.
Gergaji
2.
Penggaris
3.
Gunting
4.
Lem
5. Pensil
B.
ALAT DAN BAHAN
1. 2 buah lampu
2. Kabel
secukupnya
3. Papan
kayu
4. 3 jenis batrai
5. 1Saklar
6. Paku secukupnya
C.CARA MEMBUAT
1.
Siapkan
alat alat yang telah di sediakan
2.
Ambil
papan dan gergaji lalu potong seukuran
30cm x 25cm
3.
Lalu
potonglah kabel-kabel sesuai kebutuhan
4.
Sambunglah
kabel-kabel di tempat yang telah di tentukan seperti pada lampu dan saklar dan
sisakan sebagian kabel untuk batrai
5.
Tancapkan
dengan paku yang telah tersedia
6.
Sambungkan
sisi-sisi kabel ke kutub-kutub batrai dan lakukan hal yng sama pada batarai
yang berbeda
BAB
IV
PENGGUNAAN
PERALATAN
A.CARA
PENGGUNAAN
1.
Ambillah
lalu pasang pada kedua kabel yng telah di sediakan
2.
Tekan
saklar secara perlahan
3.
Amat
yang terjadi pada lampu A dan lampu B
4.
Catat
hasil pengamatan tersebut ke table pengamatan
TABEL HASIL PENGAMATN
Jenis
Batrai
|
R(hambatan
)
|
V(beda
potensial)
|
I(kaut
arus)
|
Keadan Pada
Lampu A
|
Keadaan
Pada Lampu B
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
5.
Lakukan
pemasangn batrai secara ber ulang-ulang dengan jumlah batrai yang berbeda
6.
Lakukan
penghitungan dalam menentukan I(kaut arus)
Catatan:
Dalam
mengiden tifikasi I(kuat arus) di pergunakan rumus
V
yang di maksud yaitu volt meter dapat di dapat dari daya yang tertera di
dalam batrai dan R yaitu hambatan dapat di dapat dari nila yang tertera di
dalam lampu yang telah di sediakan.
7.
Diskusikanlah
hasil kegiatan
8.
Kendala
yang mungkin terjadi dala alat uji ini adalah di saat pemasangn batrai lampu
tetap tidak mau menyala,hal ini mungkin terjadi karena saat menghubungkan
batrai 1 dengn yng lainnya,kutub (+) dan kutub (-) tidak di perhitungkan
sahingga oleh sebab itu pemasangn batrai harus di lakukan dengan cermat agar
saat penggunaan alat uji ini atau dalam penggunaan saat percobaan percoaan yang
di lakukan tidak gagal.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Kasimpulan
yang dapat ditarik dari uraian tentang pembuatan alat peraga alat uji massa
jenis zat cair adalah sebagai berikut.
1. Alat peraga alat uji penerangn dalm
rangkain seri dapat memudahkan kami sebagi siswa dalam memahami listrik dalam
rangkain seri secara sederhana
2. Alat ini dapat membuktikan bahwa
terang redupnya lampu tergantung pada bear kecilnya I(arus) yang mengalir pada
rangkaian.
3. Melalui alat ini kami dapat
mambentuk sarana pembelajaran dalam konteks yang berbeda yaitu,selain kita
dapat memmahami materi yang keterkaitan dengn alat ini,melalui alat ini juga
kita dapat bermain serta melakukan sebuh eksperimen kecil yang bermanfaat.
B. SARAN
Saran yang dapat disampaikan dalam
pembuatan dan penggunaan alat peraga terutama yang berkaitan dengan fluida
adalah sebagai berikut
1. Hendaknya proses belajar melalui alat
peraga seperti ini lebih di efektifkan karena selain dapat memperoleh ilmu
melalui alat perga ini juga kami sebagai siswa dapat melatih kreatifitas dalam
pembentukan alat ini di dalam ilmu fisika
2. Bagi guru-guru dan para sisiw yang
ingin membuat alat peraga yang sejenis dapat memodifikasi alat pada bagian
jenis batrai.
DAFTAR PUSTAKA
Lks FISIKA KREATIF UNTUK KELAS X
1 komentar:
contoh gambarnya mana nih
Posting Komentar